5 Jenis Iklan Terkini Untuk Memasarkan Bisnis Anda

18 Jan 2022 09:33 107

Memasarkan bisnis saat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan jenis periklanan. Iklan dapat menjangkau pelanggan di berbagai tempat, termasuk saat menonton TV, scrolling sosial media, berjalan-jalan di kota, atau menjelajahi Internet. Pengusaha mungkin perlu mempertimbangkan sejumlah faktor dalam beriklan termasuk budget dan target audiens. Kenali 5 jenis iklan terkini untuk memasarkan bisnis Anda.

 

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Keluaran Terbaru 2022

 

1. Iklan Sosial Media

iklan sosial media

Iklan di sosial media digunakan untuk mempromosikan produk di berbagai platform. Kini, iklan di sosial media seperti Instagram dan Facebook memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens tertentu bahkan berdasarkan tempat tinggal audiens. Harga iklan jenis ini juga beragam dan terjangkau.

Tidak hanya dengan tools untuk iklan, Anda juga bisa memakai jasa influencer sosial media yang memiliki banyak pengikut dan membuka jasa endorse. Metode ini dapat berfungsi sebagai teknik yang hemat biaya dan memungkinkan bisnis meningkatkan brand awareness produk Anda.

 

2. Iklan Google/Google Ads

iklan google ads

Sejak adanya mesin pencari online atau yang paling terkenalnya, Google, siapa pun di dunia maya dapat menemukan apa saja di internet. Keberadaan mesin pencari online telah mengubah perilaku konsumen dengan memungkinkan konsumen untuk mencari produk di Google  sebelum melakukan pembelian. 

Menurut Google sendiri, 84% konsumen mencari informasi di internet sebelum membeli produk. Anda dapat mengambil kesempatan ini  untuk menampilkan iklan online di hasil pencarian Anda.  Pencarian berbayar Google atau Google Ads yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Penggunaannya juga cukup mudah dan mirip dengan tools iklan sosial media.

 

3. Iklan Email 

iklan email subscription

Email langsung atau direct mail adalah jenis iklan yang melibatkan pengiriman iklan ke pelanggan melalui email. Contohnya termasuk pamflet, katalog, buletin dan selebaran namun dikirimkan melalui email. Jenis iklan ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan iklan ke pengunjung web atau orang yang pernah membeli produk Anda. 

Anda bisa mencantumkan berbagai promosi di email ini. Anda bisa melampirkan kupon diskon, produk terbaru, maupun rekomendasi produk.

 

4. Iklan Podcast

Podcast kini menjadi tren baru yaitu tempat orang mendengarkan cerita, tips, pembelajaran, dan lainnya via audio. Iklan podcast memungkinkan Anda untuk mensponsori podcast atau sekedar mempromosikan produk Anda di episode tertentu.

Podcast biasanya memutar iklan di awal, tengah, dan akhir episode. Mirip dengan iklan radio, Anda dapat menyelidiki podcast mana yang paling populer dan sesuai dengan audiens Anda. Beberapa host podcast membaca dari skrip yang disediakan atau menulis skrip mereka sendiri.

 

5. Iklan Video

iklan video

Efektivitas video marketing atau iklan video dibuktikan maraknya iklan-iklan produk di sosial media yang mengutamakan konten video. Video marketing lebih efektif dibandingkan tipe konten lain untuk mendorong konsumen melakukan pembelian. Apa lagi kini tren TikTok dan Instagram Reels sangat populer. 

Konten iklan video yang bisa Anda terapkan antara lain: video produk, demo produk, video penjelasan produk, video sosial media, video tutorial, live stream, dan vlog. 

 

Ada berbagai cara untuk beriklan dan kini kebanyakan iklan memang bersifat online. Jenis iklan di atas dapat Anda manfaatkan untuk menarik lebih banyak konsumen produk Anda.